Pages

03 May 2017

TUGAS SOFTSKILL PENG. ANIMASI & DESAIN GRAFIS

Makalah Pengantar Animasi dan Desain Grafis
“Desain Grafis”



Disusun Oleh:
Wulan Tria Purwanti (1C114333)

Kelas:
3KA19




FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN AJARAN 2016/2017






DAFTAR ISI

BAB I      PENDAHULUAN………………………………………………………………….3
              1.1. Latar Belakang……………………………………………………………........3
              1.2. Tujuan…………………………………………………………………..….......3
              1.3. Manfaat………………………………………………………...........................3
BAB II    PEMBAHASAN……………………………………………………………………4
                2.1.     Pengertian dan Contoh Desain Grafis……………………………………….4
                        2.1.1 Pengertian Desain Grafis…..…………………………………………….4
                        2.1.2 Contoh Desain Grafis…..…………………………….………………….5
BAB III  KESIMPULAN……………………………………………………………………...9




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Desaingrafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan ”fine art”. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan rancangan, atau pun disiplin ilmu yang digunakan desain.
Menurut ahli Hafied Cangara (2000) dalam Pengantar Ilmu Komunikasi mencatat bahwa komunikasi bisa berlaku sebagai seni. Jelas Cangara, komunikasi memiliki nilai estetika yang diterapkan dalam praktik-praktik komunikasi seperti penulisan berita, roman, novel, penyiaran untuk radio, televisi, seni grafika (grafis-pen), retorika, akting, penulisan skenario, penulisan buku dan sebagainya. Maka, jelaslah terdapat benang merah yang menghubungkan komunikasi dengan praktik desain grafis.
Desain grafis digunakan sebagai alat komunikasi seperti diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur, catalog flyer, pamphlet Koran, dll. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Desain memberikan nilai tambah untuk hidupnya. Seperti apa nilai tambah itu? Sebuah bangku, asal sudah bisa diduduki selesailah masalahnya. Tetapi orang memberi makna pada “duduk”, hingga berkembanglah bentuk kursi sesuai dengan makna yang disandangnya. Demikianlah secara sederhana bagaimana desain berperan dalam kehidupan kita. Ruang tamu, kamar tidur, pakaian, walkman, surat undangan merupakan contoh terdekat bagaimana kita membangun makna melalui desain.

1.2 Tujuan
1. Dapat mengetahui peran penting ilmu komunikasi dalam desain grafis
2. Dapat mengetahui desain komunikasi visual

1.3 Manfaat
1. Agar mahasiswa mengetahui pengertian ilmu komunikasi dan desainn grafis
2. Agar mahasiswa mengetahui hubungan ilmu komunikasi dan desain grafis
3. Agar mahasiswa dapat mengetahui peranan penting ilmu komunikasi dalam desain grafis
4. Agar mahasiswa dapat mengetahui desain komunikasi visual


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 . Pengertian Desain Grafis
2.1.1  Pengertian Desain Grafis
Pada dasarnya desain merupakan pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda. Desain merupakan langkah awal sebelum memulai membuat suatu benda, seperti baju, furniture, bangunan, dan sebagainya. Pada saat pembuatan desain biasanya mulai memasukkan unsur berbagai pertimbangan, perhitungan dan cita rasa, sehingga bisa dibilang bahwa sebuah desain merupakan bentuk perumusan dari berbagai unsur termasuk berbagai macam pertimbangan di dalamnya.
Berikut ini pengertian desain grafis menurut beberapa para ahli singga kita dapat menyimpulkan dari pengertian tersebut sehingga lebih mudah di pahami. Pengertian desain grafis menurut para ahli adalah sebagai berikut:
1. Suyanto, Desain Grafis adalah aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
2. Jessica Helfand, Desain Grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
3. Blanchard, Desain Grafis adalah suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.
Berdasarkan pengertian menurut beberapa para ahli desain grafis dapat kita simpulkan sendiri bahwa desain grafis adalah salah satu bentuk gambar terapan yang memberikan kebebasan kepada sang perancang (desainer) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.




2.1.2 Contoh Desan Grafis
1. Kartu Tanda Mahasiswa Universitas Gunadarma


2. Poster Tahun Baru



3. Pop Art dari Presiden Jokowi






  
4. Poster Pesta Cocktail






 5. Poster Travelling







BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimulan

Desainer grafis bertanggung jawabantara lain untuk membuat logo, desain kemasan, materi promosi format cetak maupun internet dll, yang bertujuan untuk membantu aktifitas pemasaran suatu perusahaan/organisasi.Untuk menjadi desainer grafis yang berhasil, harus mempunyai motivasi yang kuat dalam meningkatkan kemampuannya dalam hal berkomunikasi untuk menyampaikan idenya dan skill untukmengerjakan ide tersebut.

No comments:

Post a Comment